Cara Install WordPress Menggunakan Hosting dan Domain Sendiri

Setelah kita belajar cara membuat blog gratis di WordPress.com, kali ini saya akan tuliskan artikel tentang Cara Install WordPress menggunakan Hosting dan Domain Sendiri.

Untuk membuat blog menggunakan Hosting dan Domain sendiri, sudah pasti anda harus memiliki domain dan hosting.

Domain

Domain adalah nama atau alamat blog anda, misal : wppemula.web.id, blogsaya.com, bloggercantik.net dll. Domain bisa anda beli seharga 50 sampai dengan 150 ribu/tahun. Anda bisa mencari dengan Google penyedia jasa pendaftaran domain di Indonesia. Ada banyak sekali. Ingat domain adalah hal yang paling penting, pilih nama domain yang mudah diingat dan mudah dalam pengetikan.

Hosting

Hosting adalah tempat anda menyimpan file – file diinternet agar bisa dilihat oleh semua orang diseluruh dunia. Sekali lagi gunakan Google untuk mencari penyedia jasa layanan webhosting terbaik di Indonesia. Umumnya penyedia jasa domain dan hosting menjual layanannya dengan berbagai macam pilihan paket, jangan salah pilih, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Saran saya pilih paket biasa saja, karena jika nanti blog anda berkembang, bisa anda upgrade ke jenis paket yang lebih besar.

Sampai disini saya anggap anda telah mempunyai domain dan hosting, selanjutnya kita akan membahas tentang cara install WorsPress.

Setelah membeli domain dan hosting, anda akan mendapatkan email tentang informasi hosting akun anda, cara login ke cPanel, user name dan password.

Install WordPress Otomatis dengan Softaculous

Buka browser anda, dan pada address bar ketikan alamat domain yang sudah anda beli diikuti dengan /cpanel. Contoh : blogsaya.com/cpanel

Selanjutnya, anda input user name dan password yang anda dapatkan dari hosting provider anda.

Setelah berhasil login, anda akan ditampilkan pada tampilan utama cPanel yang merupakan panel utama akun hosting anda, disini anda bisa membuat email, sub domain, dan lainnya, dan tentunya me-install WordPress.

Selanjutnya scroll kebawah sampai anda temukan Softaculous Apps Installer, klik pada WordPress.

Selanjutnya akan muncul tampilan untuk install WordPress, langsung saja klik Install.

Selanjutnya akan muncul tampilan untuk setting instalasi WordPress, isi setiap parameternya, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Choose protocol : Biarkan saja

Chose domain : biarkan saja

In directory : isikan dengan nama directory tempat anda ingin me-install WordPress, jika anda ingin me-install pada root directory, kosongkan saja.

Site name : isikan dengan nama blog anda

Site description : isikan dengan deskripsi dari blog anda.

Admin account : isikan dengan user name, password dan email anda, ingat, ini akan anda gunakan untuk login ke dashboard wp-admin, jadi harus diingat, gunakan password yang sulit untuk ditebak.

Advance option : biarkan saja

Select theme : pilih template yang anda inginkan, atau biarkan saja jika ingin me-intall template default dari WordPress.

Setelah semua OK, klik Install. (Email installation details to : isikan alamat email anda untuk mendapatkan detail informasi instalasi WordPress)

Tunggu beberapa saat sampai proses install selesai, jangan refresh broser anda.  Setelah proses install selesai, anda bisa langsung login ke wp-admin dashboard untuk memulai membuat blog dan melakukan setting tambahan lainnya.

Untuk login ke dashboard wp-admin, cukup ketikkan blogsaya.com/wp-admin, login dengan user name dan password yang telah anda buat tadi.  Selamat datang di halaman dashboard admin wordpress blog anda, dari halaman ini pengalaman baru blogging dengan wordpress akan dimulai.

Selanjutkan akan saya bahas detail dari halaman dashboard admin pada kesempatan lain. Seperti biasa, kirimkan komentar anda.