Cara Mengatasi Error Briefly unavailable for scheduled maintenance Pada WordPress

Sebenarnya secara teknis, mode maintenance bukanlah sebuah error. Ini hanyalah sebuah halaman notifikasi dari WordPress selama proses update. Pada saat melakukan update, WordPress akan melakukan download files terbaru, meng-extracts, lalu me-install secara otomatis pada server hosting anda.

Nah, selama proses ini berlangsung, website anda berada pada mode maintenance dengan menampilkan halaman seperti screen shot diatas.

Hal ini biasanya disebabkan oleh response server hosting anda yang terlalu lambat, atau bisa juga karena memory yang rendah sehingga menyebabkan proses update menjadi time out. Tapi jika semua berjalan dengan normal, halaman maintenance hanya akan ditampilkan beberapa detik saja, dan semuanya akan kembali seperti sedia kala.

Solusi

Setelah proses update selesai, dan anda mendapati halaman website WordPress anda masih berada pada mode maintenance, maka solusinya adalah anda harus menghapus file .maintenance yang berada pada directory root dari files instalasi WordPress anda.

Jika anda menggunakan shared hosting, login ke cPanel anda, lalu cari file .maintenance dan hapus.  Selain melalui cPanel, anda juga bisa menghapus file .maintenance menggunakan program FTP.

Semoga bisa membantu, untuk pertanyaan silahkan bubuhkan pada kolom komentar.