Cara Update WordPress Menggunakan FTP (Update Manual)

Untuk versi 3.7 keatas, WordPress sudah dilengkapi dengan fitur update otomatis, fitur ini memungkinkan WordPress untuk meng-update dirinya sendiri secara otomatis ke versi terbaru. Tentunya fitur ini akan memudahkan kita, karena tidak perlu repot lagi untuk update WordPress secara manual jika keluar versi terbaru.

Selain update otomatis, anda juga bisa bisa meng-update WordPress dari halaman admin. WordPress akan menampilkan notifikasi jika update terbaru tersedia, dan anda bisa melakukan update hanya dengan beberapa klik saja.

Tapi, tidak ada salahnya kan kalau saya buat tulisan tentang Cara Update WordPress Secara Manual Menggunakan FTP.

Persiapan

Hal yang paling utama, penting dan wajib sebelum melakukan update WordPress adalah BACKUP. Anda bisa melakukan backup melalui halaman admin atau melakukan backup secara manual.

Selanjutnya, anda download program FTP client, saya sarankan menggunakan FileZilla karena gratis dan kompatible dengan Windows maupun Mac.

Setelah anda meng-install FileZilla, silahkan kunjungi WordPress.org untuk mendownload file WordPress terbaru, kemudian extracts, selanjutnya anda akan mendapati folder WordPress.

Proses Upload

Buka FTP client anda, lakukan koneksi ke server hosting dengan menggunakan nama domain, user name dan password yang diberikan oleh hosting provider anda.

Setelah terkoneksi dengan server hosting anda, arahkan kolom FTP sebelah kanan pada directory tempat anda meng-install WordPress. Pada kolom FTP client sebelah kiri, arahkan pada isi folder WordPress yang telah anda extracts tadi.

Selanjutnya pilih semua files dan directory pada folder WordPress yang berada pada kolom sebelah kiri, CTR-A, klik kanan,lalu klik upload.

FileZilla akan memulia proses upload files dan directory dari PC anda ke server hosting. Selama proses upload, anda diminta untuk meng-konfirmasi over write data/file yang sudah ada, cukup pilih overwrite, dan centeng pada pilihan always use this action. Hal ini karena files dan directory yang kita upload dari PC sudah ada atau sama dengan files dan directory yang ada pada server hosting. Jadi, files lama akan ditimpa dengan file terbaru.

Jika proses upload sudah selesai, kunjungi halam admin WordPress anda, selanjutnya WordPress akan menampilakan halaman notifikasi untuk meng-update databse. Cukup klik Update WordPress Database untuk melanjutkan.

Jika semuanya lancar, anda akan masuk kehalaman admin dashboard dengan versi WordPress terbaru.

Sekian, semoga bermanfaat, jangan lupa kirim komentar jika kebingungan.