Cara Import File XML Ukuran Besar di WordPress (Split XML File)

Anggap saja anda mempunyai sebuah website berbasis WordPress, dan website anda tersebut sudah memiliki banyak artikel dan komentar dari pengunjung website anda. Dikarenakan hal tertentu anda ingin pindah hosting, misalkan website anda sebelumnya di WordPress.com dan ingin pindah menggunakan domain dan hosting sendiri. Atau anda ingin pindah dari hosting A ke hosting B, maka anda harus memindahkan semua kontent website anda juga ke tempat yang baru.

Untuk memindahkan semua kontent anda kerumah yang baru, maka yang harus anda lakukan adalah meng-export semua kontent website anda kedalam format file xml. File hasil export ini, nantinya harus anda import pada WordPress anda di rumah yang baru. Fitur export/import secara default sudah menjadi fitur di WordPress.

Karena website anda sudah memiliki kontent yang sangat banyak, maka file hasil export akan teramat besar, dan melebihi batasan upload yang diberikan oleh hosting provider anda. Dalam kasus seperti ini, anda punya dua pilihan untuk meng-import file xml yang berukuran besar. Pertama anda bisa menghubungi hosting provider anda untuk menambahkan maximum upload limit anda. Cara kedua adalah, memecah (membelah,membagi) filex xml yang berukuran besar menjadi lebih kecil, sehingga anda bisa upload sebagian demi sebagian.

Proses Split File XML

Sebenarnya kita bisa men-split file XML yang berukuran besar secara manual, tinggal kita samakan saja informasi header, category, footer dan lainnya. Tapi kalau filenya sangat besar, anda mau melakukannya secara manual ? What the hell!. Untunglah ada tool gratis yang bisa melakukan itu hanya dalam beberapa klik saja. Tool tersebut bernama WXR File Splitter.

Anda tidak perlu meng-install tool tersebut, karena WXR File Splitter adalah sebuah program portable. Cukup download, lalu jalankan.

Klik pada open WXR file, cari file XML anda, tunggu beberapa saat untuk dianalisa. Selanjutnya anda tentukan ukuran output file yang anda inginkan, intinya adalah agar bisa diupload, tidak melebihi batasan upload limit dari hosting anda. Selanjutnya klik Split files. Setelah proses selesai, file hasil split tadi bisa anda temukan pada directory yang sama tempat anda menyimpan file XML yang besar.

Selanjutnya tinggal anda import ke WordPress anda di tempat yang baru, pada saat import pastikan urutan filenya benar dan sesuai dengan nomer urutnya.

Cukup sekian, semoga bermanfaat, jangan lupa kirim komentar, atau bagikan kepada teman anda.