Cara Install WordPress Theme/Template

Untuk membuat tampilan website kita terlihat lebih menarik, maka kita harus menggunakan theme/template selain dari theme default bawaan WordPress pada saat pertama kali kita install. WordPress akan menggunakan theme default pada saat kita install, selanjutnya kita bisa menggantinya dengan theme lain yang menurut kita lebih baik secara tampilan dan fungsi yang optimal agar sesuai dengan kebutuhan website kita.

Diluar sana ada banyak sekali custom theme yang bisa kita pakai secara gratis. Atau anda juga bisa menggunakan custom theme versi berbayar jika ingin tampilan website WordPress anda lebih atraktif lagi. Pada dasarnya, cara install-nya adalah sama, baik itu theme versi gratis, ataupun theme versi berbayar.

Install WordPress Theme Dengan Menggunakan FTP

Salah satu cara untuk install WordPress theme adalah dengan menggunakan FTP, anda bisa langsung login ke server anda menggunakan program FTP favorite, setelah login berhasil, masuk ke directory wp-content/themes. Selanjutnya anda upload theme anda ke folder tersebut.

Ingat, unzip terlebih dahulu folder theme anda sebelum di upload. Setelah proses upload selesai, selanjutnya anda login ke halaman WordPress dashboard admin, lalu klik pada Appearance>Themes.

Jika proses upload sempurna, anda akan melihat themes yang anda upload tadi ada dalam list anda, selanjutnya klik pada tombol Activate untuk me-install atau mengaktifkan theme yang baru saja anda upload.

Install WordPress Theme dari Admin Dashboard

Selanjutnya kita akan belajar tentang cara install themes melalui halaman dashboard admin. Pada metode ini, kita akan menggunakan fitur pencarian themes secara online yang sudah ada.Pada menu sebelah kiri, klik Appearance>Themes.

Selanjutnya klik tombol Add New yang terletak pada bagian atas.

Kemudian masukan kata kunci pencarian themes yang anda inginkan pada field pencarian, kemudian tekan enter.

Setelah hasil pencarian muncul, arahkan mouse (hover) pada setiap themes, disitu akan keluar menu yang diantaranya detail & preview, install dan preview.

Ada baiknya sebelum menginstall anda klik pada detail & preview terlebih dahulu untuk melihat detail deskripsi dari themes tersebut dan untuk melihat preview tampilannya sebelum anda aplikasikan pada website anda.

Install WordPress Theme dengan Cara Upload dari Halaman Admin

Cara ini hampir sama dengan yang diatas, namun kali ini theme berasal dari lokal komputer kita, yang kemudian akan kita upload melalui halaman admin. Sebelumnya anda harus mendownload theme yang akan anda upload. Ingat, tidak perlu di ekstrak, jadi biarkan dalam format zip.

Cukup klik tombol Upload Theme pada bagian atas, lalu klik browse, cari theme yang telah anda download tadi, kemuadian klik Install Now.

Setelah proses upload selesai, anda tinggal klik tombol activate untuk mulai menggunakan theme yang anda install.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menginstall WordPress themes, kirim komentar jika anda merasa artikel ini kurang atau ada yang terlewatkan.