Cara Menonaktifkan Directory Listing Pada WordPress

Secara default, sebuah webserver akan menampilkan isi dari sebuah directory root atau directory sebuah folder dan sub-folder jika tidak ada sebuah file index, baik itu index.php, index.html dan index.*. Hal ini tentu akan sangat berbahaya, apalagi pada website yang menggunakan WordPress. Jika directory website anda bisa di tampilkan, bukan tidak mungkin website anda akan terkena serangan (hacked).

Directory listing juga bisa digunakan untuk mengambil semua informasi dari website anda secara terbuka, meng-copy files, images, membaca struktur website, dll. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan sekali untuk menonaktifkan directory listing pada website anda.

Salah satu cara untuk mematikan directory listing pada WordPress adalah dengan meng-edit file .htaccess yang berada pada directory root tempat anda menginstall WordPress, dan tambahkan kode dibwah ini pada bagian bawah.

Options -Indexes

Untuk meng-editnya, login ke cPanel, lalu cari file .htaccess, klik sekali kemudian klik tombol edit. Setelah anda tambahkan kode seperti diatas, kemudian klik tombol save untuk menyimpan perubahan yang telah anda buat.

Sekarang directory listing telah dimatikan, jika seseorang mencoba untuk menampilkan directory secara langsung pada website anda, maka dia akan berhadapan dengan halaman 404.

Semoga artikel ini bisa membuat website WordPress anda lebih aman. Silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Dan temukan kami di Youtube untuk tutorial versi video.