Cara Memilih Nama Domain Yang Baik dan Benar

Cara memilih nama domain untuk bisnis online

Memilih sebuah nama domain yang benar untuk website anda merupakan suatu hal yang sangat krusial untuk kesuksesan bisnis online anda. Memilih nama domain, sama pentingnya dengan memilih nama untuk perusahaan yang sangat membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Karena nama domain yang anda pilih, akan menjadi identitas bisnis anda di Internet. Jadi, pastikan untuk memilih nama domain yang tidak hanya cocok dengan jenis bisnis anda, tapi nama domain anda juga harus mudah diingat.

Jika dari awal anda sudah salah dalam memilih nama domain, maka hal ini akan berdampak jangka panjang terhadap bisnis online anda. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap citra brand dan peringkat pencarian di Internet.

Disini saya akan memberikan 7 tips atau cara memilih nama domain yang benar.

  1. Mudah diketik atau diucapkan – Akan sangat menguntungkan sekali jika nama domain yang anda miliki mudah untuk diketik dan diucapkan, bisa dibayangkan jika nama domain anda susah untuk diucapkan pada saat teman atau rekan bisnis anda menanyakan alamat website dari perusahaan anda. 
  2. Pendek dan Mudah diingat – Nama domain yang ideal maksimal adalah 15 karakter, jika terlalu panjang, bisa mengakibatkan customer anda salah ketik dan akhirnya anda kehilangan trafik ke website anda. Jadi, pastikan nama domain yang anda pilih pendek dan mudah diingat
  3. Hindari penggunaan angka dan tanda hubung – Penggunaan angka pada domain akan menimbulkan salah pengertian, angka secara numeric atau tulisan, sedangkan domain yang menggunakan tanda hubung, kemungkinan besar orang lupa untuk mengetikkannya.
  4. Lakukan Penelitian – Sebelum membeli sebuah domain, pastikan anda riset terlebih dahulu, pastikan nama domain yang akan anda pilih tidak mengandung atau bermakna hak cipta merek dagang orang lain. 
  5. Mengandung kata kunci – maksud dari mengandung kata kunci disini adalah, nama domain yang anda pilih paling tidak atau setidaknya harus menjelaskan atau mewakili nama bisnis atau layanan yang anda tawarkan. Misalkan jenis bisnis anda adalah jasa penitipan hewan, maka nama domain yang disarankan adalah jasatitiphewan.com, penitipanhewan.com, dan masih masih banyak kombinasi lainnya. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan ranking domain anda di mesin pencari.
  6. Gerak cepat – ribuan bahkan jutaan domain baru didaftarkan setiap harinya. Jika anda sudah punya ide tentang nama domain bisnis anda, jangan tunggu terlalu lama, segera daftarkan sebelum diambil oleh orang lain.
  7. Selalu gunakan ahiran .com – ada banyak jenis ahiran nama domain baru saat ini. Tapi saya sarankan anda tetap untuk menggunakan .com. Selain paling pupoler dan paling banyak digunakan, ahiran .com akan membuat domain anda lebih kredibel dan terpercaya. Banyak para pengguna terutama yang kurang mengerti teknologi akan otomatis mengetik .com di ahir setiap domain tanpa memikirkannya. Ditambah lagi, hampir semua keyboard ponsel pintar memiliki tombol .com

OK, itu tips dari saya tentang cara memilih domain untuk sukses bisnis online. Dan ini tips, tambahan, ini penting sekali. Sebelum membeli sebuah domain pastikan dulu nama bisnis anda tersedia untuk semua media sosial. Contoh, misal nama domain yang akan anda beli adalah titiphewan.com, anda pastikan dulu di twitter, instagram, facebook user nama untuk titip hewan.com tersedia. jadi , jika domain anda adalah titiphewan.com , maka anda harus punya : twitter.com/titiphewan, instagram.com/titiphewan, facebook.com/titiphewan. Bagaimana ? terlihat lebih keren kan,…